Amankan Lebaran, Polri Gelar Operasi Ketupat 2013

Amankan Lebaran, Polri Gelar Operasi Ketupat 2013

Rabu, 31 Juli 2013 | 15.21

   fgvwrgwgwe

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Nanan Sukarna, memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2013 di lapangan Monumen Nasional, Selasa, 30 Juli 2013.

Apel gelar pasukan ini dimulai pukul 08.00 WIB. Tak hanya personel, sejumlah mobil dari masing-masing kesatuan seperti Ditsatwa, barisan motor besar, helikopter, dan mobil dinas pemadam kebakaran juga tampak terparkir di lokasi.

Dalam sambutannya, Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna yang menjadi pemimpin apel kali ini mengatakan, gelar pasukan ini merupakan bagian dari pengecekan pasukan yang akan terjun dalam Operasi Ketupat 2013. 

Rencananya operasi tersebut akan dilaksanakan selama 15 hari terhitung mulai 2 hingga 16 Agustus 2013. Seluruh pimpinan diminta untuk mengecek lebih detail kesiapan para anggotanya. Agar kegiatan di lapangan dapat terkoordinir dengan baik.

"Tradisi mudik akan menyebabkan mobilisasi masyarakat besar-besaran. Untuk itu sudah menjadi tugas kita untuk melakukan upaya pencegahan," Ujar Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna.

Setidaknya 150 ribu pasukan gabungan seluruh Indonesia yang akan diterjunkan selama pelaksanaan Operasi Ketupat ini. Mereka akan disebar di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah-daerah yang rawan dengan potensi kemacetan dan tindak kriminal. 

Untuk wilayah Polda Metro Jaya Sendiri, sekitar 8.645 personel akan diterjunkan dalam Operasi Ketupat kali ini. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari Polri, TNI dan Pemda

8.645 personel tersebut terdiri dari satuan petugas Polda sebanyak 3.276 personel, satuan petugas Polres 4.724 personel. Lalu personel TNI sebanyak 90 personel, Pemda 455 personel dan Jasa Marga sebanyak 645 personel.

Sasaran tempat operasi Ketupat  yang diamankan diantaranya terminal bus, stasiun kereta api, bandara, pelabuhan, tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan.

Kemudian, Sasaran kegiatan lainnya yang diamankan antara lain, takbir keliling, shalat Idul Fitri, pembagian zakat, belanja keperluan lebaran, mudik atau balik, rekreasi dan wisata.

Selain itu, diharapkan dengan mengerahkan 2/3 kekuatan dari seluruh Polda di tanah air, operasi ketupat 2013 ini dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan mengurangi titik macet selama arus mudik serta arus balik Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah.


Posting Komentar

emo-but-icon

Popular Posts

LABEL

item