CHECKLIST PENKES CARA MENYUSUI YANG BENAR
http://catatancintaabadi.blogspot.com/2012/06/checklist-penkes-cara-menyusui-yang.html?m=1
STASI 8
CHECKLIST PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TEHNIK MENYUSUI YANG BENAR
BUTIR YANG DINILAI | |
SIKAP | |
Menyambut klien dengan sopan dan ramah | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Memberikan salam saja tanpa mempersilahkan duduk | |
2 Memberikan salam saja dan mempersilahkan duduk | |
Memperkenalkan diri kepada klien | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Memperkenalkan diri sebagai bidan tanpa menyebutkan nama | |
2 Memperkenalkan diri sebagai bidan dengan menyebutkan nama sambil berjabat tangan | |
Merespon reaksi klien dengan tepat | |
0 Tidak merespon | |
1 Memberikan respon terhadap reaksi pasien, tetapi tidak ditanggapi dengan tepat | |
2 Memberikan respon terhadap reaksi pasien dengan tepat | |
Teruji percaya diri dan tidak ragu-ragu | |
0 terlihat gugup, tidak melakukan kontak mata, dan suara kurang jelas | |
1 tergesa – gesa dan terlihat ragu | |
2 terlihat tenang dan melakukan dengan percaya diri | |
Menjaga privasi klien 0. Tidak dilakukan 1. Menjaga privasi dengan ucapan atau memperagakan menutup pintu/ sampiran saja 2. Menjaga privasi dengan ucapan dan memperagakan menutup pintu / sampiran | |
Total score : 10 | |
CONTENT | |
Menjelaskan maksud dan tujuan pendkes | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Menjelaskan maksud atau tujuan pendkes saja | |
2 Menjelaskan maksud dan tujuan pendkes | |
Teruji mencuci tangan sebelum dan sesudah tindakan | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Mencuci tangan hanya sebelum atau sesudah tindakan | |
2 Mencuci tangan sebelum dan sesudah tindakan dengan benar | |
Teruji mengajari ibu untuk mencuci tangan | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 mengajari klien dengan kurang benar | |
2 mengajari klien dengan benar | |
Mempersilahkan ibu untuk duduk dengan santai dan nyaman | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Mempersilahkan klien duduk begitu saja | |
2 Mempersilahkan klien duduk dengan santai dan nyaman, posisi punggung tegak sejajar punggung kursi dan kaki diberi alas sehingga tidak menggantung | |
Mempersilahkan dan membantu ibu membuka pakaian bagian atas | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Mempersilahkan saja atau membiarkan klien membuka pakaian sendiri tanpa menawarkan bantuan | |
2 Mempersilahkan klien membuka pakaian sendiri dan membantunya | |
Mengajari ibu untuk mengoleskan sedikit ASI pada puting susu dan areola | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Mengajarkan pada klien untuk mengoleskan sedikit ASI pada puting susu saja | |
2 Mengajarkan pada klien untuk mengoleskan sedikit ASI pada puting susu dan areola sekitarnya | |
Mengajari ibu untuk meletakkan bayi pada satu lengan, kepala bayi berada pada lengkung siku ibu dan bokong bayi berada pada lengan bawah ibu* | |
0 Tidak dikerjakan 1. dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Mengajari ibu untuk menempelkan perut bayi pada perut ibu dengan meletakkan satu tangan bayi di belakang badan ibu dan yang satu di depan, kepala bayi menghadap payudara * | |
0 Tidak dikerjakan 1. dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Mengajari ibu untuk memposisikan bayi dengan telinga dan lengan pada garis lurus* | |
0 Tidak dikerjakan 1. dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Mengajari ibu untuk memegang payudara dengan ibu jari diatas dan jari yang lain menopang dibawah serta jangan menekan puting susu dan areolanya * | |
0 Tidak dikerjakan 1. dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Mengajari ibu untuk merangsang membuka mulut bayi : Menyentuh pipi dengan puting susu atau menyentuh sudut mulut bayi* | |
0 Tidak dikerjakan 1. dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Setelah bayi membuka mulut, anjurkan ibu untuk mendekatkan dengan cepat kepala bayi ke payudara ibu, kemudian memasukkan puting susu serta sebagian besar areola ke mulut bayi * | |
0 Tidak dikerjakan 1. dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Setelah bayi mulai menghisap, menganjurkan ibu untuk tidak memegang atau menyangga payudara lagi | |
0 Tidak dikerjakan 1.Dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Menganjurkan ibu untuk memperhatikan bayi selama menyusui* | |
0 Tidak dikerjakan 1. Dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Mengajari ibu cara melepas isapan bayi :* § Jari kelingking dimasukkan ke mulut bayi melalui sudut mulut ATAU § Dagu bayi ditekan ke bawah | |
0 Tidak dikerjakan 1.Dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Setelah selesai menyusui, mengajarkan ibu untuk mengoleskan sedikit ASI pada puting susu dan areola. Biarkan kering dengan sendirinya* | |
0 Tidak dikerjakan 1.Dikerjakan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Mengajari ibu untuk menyendawakan bayi :
| |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Dikerjakan dengan tidak sempurna | |
2 Dikerjakan dengan sempurna | |
Mengajari ibu untuk selalu menyusukan kedua payudara secara bergantian | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 Menjelaskan dengan tidak lengkap dan jelas | |
2 Menjelaskan dengan lengkap dan jelas | |
Menganjurkan ibu untuk menyusui bayi setiap saat bayi menginginkan (on demand) | |
0 tidak dilakukan | |
1 memberikan anjuran kurang benar | |
2 memberikan anjuran dengan benar | |
Melakukan evaluasi dengan cara menanyakan kembali apa yang sudah diajarkan dan dijelaskan | |
0 Tidak dikerjakan | |
1 menanyakan dan mempersilahkan klien untuk memperagakan | |
2 menanyakan dan mempersilahkan klien untuk memperagakan dan menjelaskan kembali serta memberi feed back | |
Total score : 40 |
TEKNIK |
Teruji menanyakankan secara sistematis 0. Tidak ditanyakan atau menyimpang dari topik 1. Menanyakan tetapi tidak secara urut. 2. Menanyakan secara urut/runtut. |
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti 0. Menggunakan bahasa yang tidak dimengerti oleh klien 1. Sebagian masih menggunakan istilah-istilah medis 2. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh klien |
Penggunaan media 0. Tidak dilakukan 1. Menggunakan media tetapi tidak efektif 2. Menggunakan media secara efektif dan benar |
Memberi kesempatan untuk bertanya, memberikan umpan balik 0. Tidak dilakukan 1. Memberikan kesempatan kepada klien untuk menanyakan apa yang belum dimengerti dan tidak segera memberikan jawaban 2. Memberikan kesempatan kepada klien untuk mengajukan pertanyaan apa yang belum dimengerti dan segera memberikan tanggapan dari apa yang menjadi pertanyaan klien |
Melakukan pendokumentasian 0. Tidak dilakukan 1. Mendokumentasikan hasil penkes tanpa identitas pelaksana 2. Mendokumentasikan secara lengkap meliputi tanggal, jam, penkes & hasilnya, tanda tangan & nama terang. |
Total score : 10 |
TOTAL SCORE = 60
NILAI AKHIR = Σ score x 100
60
NILAI BATAS LULUS 76
Posting Komentar